0

6 Penyebab Mata Katarak

Penyebab Penyakit Katarak

Katarak adalah penyakit yang tidak menimbulkan rasa sakit, penyakit ini menyerang pada bagian mata, dimana lensa yang biasanya bening menjadi keruh pada lensa mata dan akan mengakibatkan penglihatan menjadi menurun.
Pada saat mulai berkembang dan mempengaruhi sebagian kecil pandangan ketika melihat, akan muncul warna putih pada lensa mata, tepatnya dibelakang pupil dan akan berakibat susah untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Kejernihan pada lensa mata akan berkurang dan cahaya yang masuk menjadi terhalang.

Penyebab Katarak
Kebanyakan yang terkena penyakit katarak adalah penuaan dan bisa juga perubahan jaringan yang membentuk pada bagian lensa mata, Berikut adalah faktor yang berisiko tinggi terkena penyakit katarak :

  • Usia
    Usia adalah penyebab paling umum dari penyakit ini, ketika protein dalam lensa menurun akibat faktor usia. Penyebab ini juga sering dipercepat oleh faktor lingkungan seperti radiasi, dan sinar ultraviolet, memiliki efek kumulatif yang diperparah oleh hilangnya mekanisme pelingdung restoratif karena perbuhan dalam gen.
  • Diabetes
    Penderita diabetes lebih berpotensi tinggi 2 – 4 kali terkena penyakit katarak. Diabetes dapat menyebabkan katarak karena kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Apabila gula darah tidak terkontrol akan mengakibatkan komplikasi.
  • Trauma / Cedera
    Trauma atau cedera pada bagian mata juga dapat menyebabkan gangguan seperti terjadinya pembengkakan , penebalan dan pemutihan pada serat lensa. Cedera atau trauma ini bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi jika cedera atau trauma ini bertambah parah akan mengakibatkan luka pada mata. Kerusakan ini memungkikan cairan bagian lain dari mata dengan cepat masuk ke lensa mata yang mengarah ke pembengkakan yang akan mengakibatkan pemutihan pada lensa.
  • Radiasi
    Sianr ultraviolet, Radiasi microwave, terutama UVB telah terbukti menyebabkan katarak, beberapa bukti menunjukan kacamata hitam yang dikenakan pada usia dini dapat memperlambat perkembangan dikemudian hari.
  • Genetika
    Mengalami katarak pada masa kecil atau awal kehidupan kadang-kadang bisa disebabkan oleh Genetik, Genetik ini juga sangat berpengaruh besar terkena penyakit katarak.
  • Rokok
    Perokok memiliki kesempatan 2x lipat berisiko tinggi terkena penyakit katarak dibanding orang yang non-perokok. Dokter mempercayai bahwa merokok kontribusi untuk katarak dengan mengubah sel-sel lensa melalui oksidasi dan menyebabkan cadmium dalam lensa.

 

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *