0

Apakah Benar Mahkota Dewa Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit?

Tanaman obat yang populer di Indonesia salah satunya yaitu tanaman Mahkota Dewa yang mungkin tidak asing lagi dalam dunia pengobatan herbal di Indonesia. Tanaman yang buahnya berwarna merah menyala ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, sehingga tidak heran jika tanaman satu ini banyak dicari oleh banyak orang untuk mengolahnya sebagai ramuan herbal dan dijadikan pengobatan penyakit alaminya. Lantas apa saja manfaat dan kandungan yang ada didalam buah mahkota dewa ini? Selengkapnya dibawah ini!

Buah Mahkota Dewa yang memiliki nama latin Phaleria Macrocarpa, tanaman yang berasal dari papua ini ternyata memiliki beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh dan pengobatan berberapa penyakit. Diantaranya : Kandungan alkaloid, saponin, dan polifenol jenis flavonoid, semua kandungan tersebut ada didalam mahkota dewa sehingga tidak heran jika buah satu ini sering dijadikan sebagai obat herbal penyakit.


Manfaat Tanaman Mahkota Dewa Untuk Kesehatan & Penyakit


Berikut beberapa manfaat yang bisa anda manfaatkan dalam tanaman buah mahkota dewa, diantaranya :

  • Mampu mengatasi nyeri haid

Salah satu manfaat mahkota dewa ternyata mampu mengatasi nyeri haid secara alami, hal ini karena didalam mahkota dewa mengandung kandungan antioksidan yang kuat dan bersifat anti radang yang dapat berpotensi mengobati nyeri haid atau dismenore primer.

  • Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa tanaman mahkota dewa dapat membantu menurunkan tekanan darah atau mampu mengobati penyakit hipertensi secara alami. Didalam buah mahkota dewa mengandung kandungan flavonoid yang dipercaya dapat membantu melemaskan pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Namun, keterangan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat mahkota dewasa untuk menurunkan tekanan darah.

  • Mampu mengatasi sakit kepala

Buah mahkota dewa juga ternyata mampu menatasi sakit kepala, hal ini karena didalam tanaman ini mengandung bioaktif dalam ekstrak mahkota dewa yang dapat bertindak sebagai senyawa analgesik atau pereda nyeri.

  • Mampu menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam tanaman ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena kandungan antioksidan berkhasiat untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyerang tubuh. Selain itu buah mahkota dewa juga dipercaya mampu melawan berbagai jenis penyakit yang berbahaya seperti tumor dan kanker.

  • Mampu menurunkan kolesterol

Tanaman mahkota dewa nyatanya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat sehingga dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol jahat. Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan karena dapat membentuk plak sehingga aliran darah dapat tersumbat dan terganggi hingga dapat berisiko serangan stroke.

  • Mampu mengobati penyakit diabetes

Tanaman buah mahkota memang sudah terkenal mampu mengobati diabetes hal ini karena khasiat buah mahkota memang terbukti efektif untuk mengontrol kadar gula darah sehingga dapat digunakan oleh penderita diabetes.


Waspada Penggunaan Obat Mahkota Dewa

Itulah beberapa manfaat yang ada didalam tanaman mahkota dewa, tanaman ini memang sudah banyak dan terkenal sering digunakan sebagai obat herbal. Namun, perlu anda perhatikan dalam penggunaanya yang harus tetap dilakukan secara hati – hati karena tidak semua bagian dari tanaman mahkota dewa ini dapat digunakan salah satu contohnya yaitu bijinya yang tidak boleh dikonsumsi karena cukup berbahaya dan mengandung racun didalamnya.

Khasiat dan manfaat dalam buah mahkota dewa ini masih perlu dibutuhkan penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk memastikan manfaat dan keamananya. Bagi anda yang ingin membuat ramuan ini untuk pengobatan penyakit kronis alangkah baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu sebelum anda berniat mengonsumsi obat atau ramuan dari tanaman mahkota dewa.


Baca Juga :

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *