0

Beberapa Faktor Risiko Yang Menyebabkan Infeksi Ginjal

Beberapa Faktor Risiko Yang Menyebabkan Infeksi Ginjal – Beberapa faktor berikut ini bisa meningkatkan resiko Anda menderita infeksi ginjal:

  • Anatomi tubuh wanita. Wanita memiliki anus yang lebih dekat denan saluran uretra, hal ini bisa memberikan kemudahan bagi bakteri untuk berkembang biak kedalam uretra. Terlebih lagi, wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan uretra yang dimiliki pria.
  • Kondisi bawaan lahir yang terdapat di tubuh anak-anak. Seorang anak yang dilahirkan memiliki kondisi medis spesial (tertentu) dengan kelainan pada saluran kemihnya memiliki potensi terserang infeksi ginjal. Selain hal ini, anak yang menderita sembelit (konstipasi) pun mempunyai resiko terserang infeksi ginjal.

Beberapa Faktor Risiko Yang Menyebabkan Infeksi Ginjal

  • Obstruksi saluran kemih. Contohnya seperti: Pembengkakan kelenjar prostat, atau batu ginjal.
  • Sistim kekebalan tubuh yang lemah. Keadaan tersebut dapat disebabkan adanya beberapa keadaan, misalnya seperti: Menderita diabetes tipe 2, karna obat kemoterapi, atau akibat dari HIV/AIDS.
  • Prostatitis. Infeksi yang terdapat di kelenjar prostat yang dapat menjalar sampai ke organ ginjal.
  • Wanita yang aktif secara sexual. Frekuensi seks yang sering dilakukan, akan membuat bakteri lebih mudah untuk masuk ke kandung kemih, lantas membuat uretra mengalami iritasi.
  • Orang yang sering melaksanakan anal sex. Hal ini tentu saja akan mempermudah bakteri menjalar masuk ke area kandung kemih.
  • Wanita hamil. Fisik wanita hamil yang berubah akan membuat urine menjadi lambat mengalir didalam tubuh. Hal tersebut bisa memudahkan bakteri menjalar ke organ ginjal.
  • Penggunaan bantuan kateter jangka panjang. Kateter yaitu sebuah pipa kecil yang biasa dipakai dalam proses pengeluaran urine yang terdapat di kandung kemih. Kateter akan dipasang apabila diri Anda menjalani prosedur operasi dan tes diagnosis.

Ketahui ciri ciri penyakit infeksi ginjal di tautan berikut ini → Infeksi Ginjal Kanan dan Kiri Bisa Sembuh Total

Bagaimanakah Tata Cara Mendiagnosis Infeksi Ginjal di Tubuh Kita..?

Ada beberapa test yang akan dilaksanakan dokter demi memberikan kepastian untuk pasienya. Sebelum test dilaksanakan, dokter terlebih dahulu akan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai gejala yang dialami, riwayat kesehatan, dan melaksanakan pemeriksaan fisik, sperti: pemeriksaan tekanan darah, dan juga suhu tubuh pasien.

Salahsatu test yang akan dilaksanakan oleh dokter adalah test urine. Tes tersebut dilaksanakan dengan menggunakan sampel urine untuk mengetahui apakah kita memiliki infeksi sistem kemih atau tidak. Test yang dilaksanakan tersebut berguna untuk untuk mengetahui infeksi yang terjadi di bagian lain atau berada di ginjal.

Beberapa Faktor Risiko Yang Menyebabkan Infeksi Ginjal

Kesimpulan diagnosis bisa dilalui lewat tahapan pemeriksaan fisik, lantas dari informasi yang dokter kumpulkan dari Anda dan test urine yang telah dilaksanakan.

Inilah beberapa keadaan yang membutuhkan pemeriksaan dokter lebih lanjut:

  1. Gejala yang dirasakan malah bertambah parah.
  2. Gejala tak kunjung membaik, walaupun telah diasupi antibiotik.
  3. Anda memiliki resiko komplikasi akibat infeksi ginjal.
  4. Kemunculan gejala lainya, yang tak memiliki kaitan dengan infeksi ginjal.
  5. Anak-anak yang memiliki infeksi di saluran kemihnya secara kambuhan (datang dan pergi).

Harap segera kunjungi rumah sakit terdekat bila merasakan hal-hal yang telah kami sebutkan diatas, demi mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Ketahui lebih lanjut mengenai cara mengobati nya disiniGejala Ginjal Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Pemeriksaan lanjutan bisa dilaksanakan dengan menggunakan CT scan, isotope scan, dan ultrasound. Pemeriksaan lanjutan di rumah sakit memiliki kegunaan untuk mencari tau gangguan selain infeksi ginjal, agar apabila terdapat komplikasi bisa ditangani dengan baik.

Itulah pemaparan kami mengenai Beberapa Faktor Risiko Yang Menyebabkan Infeksi Ginjal, semoga artikel kami ini bisa membantu Anda. Silahkan share dengan mencantumkan alamat (link URL) kami. Terimakasih.

Beberapa Faktor Risiko Yang Menyebabkan Infeksi Ginjal

Save

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *