0

Bunda, Kenali Tanda – Tanda Penyakit Berbahaya Pada Bayi

Bunda, bagi anda yang baru memiliki seorang bayi maka harus mengetahui apa saja tanda – tanda penyakit berbahaya yang dapat diderita oleh bayi. Pada masa usia bayi biasanya akan sangat rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam proses perkembangan. Selain itu, bayi yang terkena infeksi atau virus dan belum mendapatkan vaksinasi atau imunisasi maka tubuhnya akan sulit untuk melawan infeksi dibandingkan dengan seorang anak yang sudsak cukup besar usianya.

Bayi yang belum bisa berkomunikasi dan sering menangis munkin kerap membuat orang tuanya kebingungan untuk mengetahui apakah si bayi sedang sakit atau sedang lapar dan ngantuk. Oleh karena itu, untuk mengetahui bayi sedang sakit bunda harus mengetahui tanda – tanda awal bayi terserang penyakit serius.


Berikut beberapa tanda – tanda umum yang dapat muncul pada bayi dan wajib bunda ketahui, diantaranya :

  • Bayi menangis dan terjadi terus menerus
  • Tubuh bayi terkulai saat diangkat atau bayi tampak lebih sering mengantuk
  • Bayi mengalami muntah dalam jumlah yang banyak dan muntahannya berwarna hijau
  • Wajah bayi terlihat pucat dan bintik – bintik
  • Bayi tidak mau makan atau menyusu seperti biasanya
  • Bayi mengalami demam tinggi hingga 38 derajat celcium
  • Demam bayi tidak kunjung turun setelah diberi penurun panas
  • Tubuh bayi demam, kaki dan tangan terasa dingin
  • Bayi susah bernafas, napaanya pendek atau napas bayi terdengar bunyi tidak biasa seperti sebelumnya
  • Muncul ruam pada tubuh bayi berawarna ungu kemerahan yang tidak hilang setelah digulirkan gelas diatasnya

Itulah beberapa tanda atau gejala umum yang biasa muncul pada bayi yang dapat menandakan seorang bayi sedang sakit. Jika bunda melihat tanda – tanda tersebut pada bayi alangkah baiknya untuk segera lakukan pemeriksaan kedokter atau bidan dengan tepat dan cepat guna untuk mencegah hal – hal yang buruk terjadi. Selain itu, dari semua tanda – tanda tersebut ada 5 tanda yang wajib anda waspadai karena bisa jadi tanda tersebut menjadi penyebab bayi anda terkena penyakit yang cukup serius. Inilah 5 tanda – tanda yang harus diwaspadai diantaranya :


  • Demam Tinggi

Bayi yang mengalami demam hingga suhu tubuhnya mencapai 38 Celcius dan khususnya pada bayi yang berusia dibawah tiga bulan maka wajib anda waspadai dan hati hati jika bayi sering mengalami demam naik turun. Jika bayi anda mengalami kondisi ini, mungkin inilah pertanda bayi mengalami infeksi bakteri atau virus yang cukup berbahaya seperti meningitis, pneumonia, infeksi telinga dan juga infeksi saluran kencing. Perlu diperhatikan, jika dalam 5 hari demam bayi tidk turun – turun dan kaki serta tangamnnya malah dingin maka segeralah bawa dan periksakan kedokter.


  • Sulit Bernapas

Jika bayi mengalami sulit bernapas maka hal ini wajib bunda waspadai karena bisa jadi gejala penyakit infeksi pada paru – paru atau bisa jadi tertutupnya jalur untuk bernapas. Seorang bayi yang mengalami sesak yang ditandai dengan dada, perut dan leher terlihat cekung kedalam pada saat bayi mengambil napas, dan napasnya berbunyi mengi serta terlihat warna biru disekitar mulut dan bibir maka bunda harus segera membawanya kedokter dan segeralah melakukan pemeriksaan yang tepat.


  • Bayi Terus Menerus Menangis

Jika bayi menangis secara terus menerus bahkan berlanjut hingga tidak mengeluarkan air mata disertai dengan mulut yang kering dan tidak pipis. Maka kondisi ini harus di waspadai karena bisa jadi bayi mengalami dehidrasi yang berat, jika hal ini terjadi maka bunda bisa langsung membawanya kedokter.


  • Bayi Mengalami Kejang – Kejang

Kejang – Kejang yang terjadi pada bayi biasanya disertai dengan demam atau lebih dikenal sebagai step. Kejang dan juga demam yang terjadi pada bayi sekitar 2-4% anak dan berumur 6 bulan hingga 5 tahun. Penyebab bayi mengalami kejang biasanya akibat peradangan atau infeksi serta gejala yang muncul yaitu kekakuan otot, kelojotan sekujur tubuh, mata berkedip-kedip kosong, atau tidak merespon saat namanya dipanggil.

Bayi yang mengalami kondisi ini diduga akibat faktor genetik terutama jika ada riwayat epilepsi dalam keluarga. Untuk mengatasi gejala kejang yang terjadi pada bayi sebaiknya segera langsung periksakan kedokter dan jangan sesekali bunda memasukan benda atau apapun kemulut bayi atau menahan kaki dan tangannya karena hal ini akan menimbulkan bahaya bagi sang bayi.


  • Bayi Muntah – Muntah

Gejala muntah – muntah pada bayi yang harus bunda waspadai yaitu jika muntahnya berwarna hijau, jika hal ini terjadi maka ini mungkin menandakan adanya sumbatan pada ususnya. Selain itu, bunda harus memperhatikan apakah anak mendadak lemas dan tidak respomsif setelah muntah, kulit pucat dan dingin, tidak mau makan, perutnya terlihat bengkak, dan jika bayi muntah 3 kali dalam 24 jam dan disertai dengan demam maka bunda harus segera membawanya ke rumah sakit atau dokter secepatnya.


Jika bunda melihat gejala – gejala tersebut terjadi pada bayi maka segeralah membawanya ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat untuk bayi. Sekian informasi yang kami sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua khususnya bagi anda yang baru memiliki bayi. Terimakasih

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *