0

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Hamil Tua

Di saat ibu mengandung, tentu menjadi salah satu moment yang menggembirakan bagi setiap keluarga. Walau demikian, terkadang ada beberapa gangguan yang dihadapi oleh sebagian ibu hamil. Diantara gangguan yang dialaminya ialah kondisi susah tidur, terlebih pada saat hamil tua. Maka kami disini berinisiatif memberikan informasi Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Hamil Tua, semoga bermanfaat. Silahkan simak hingga tuntas.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Hamil Tua

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Hamil Tua

Sesalan yang biasa diajukan kepada para dokter atau bidan ketika ibu mengalami hamil tua ialah:

  • Rasa tak nyaman di perut.
  • Kaki kadang-kadang mengalami kram.
  • Dada panas atau gerah.
  • Hidung tersumbat.
  • Acap kali buang air kecil dimalam hari.

Tak pelak, berbagai gangguan diatas dapat membuat ibu yang sedang hamil tua mengalami susah tidur. Cara mengatasi nya ialah dengan melaksanakan beberapa hal berikut ini (Semoga membantu):

Memperhatikan Posisi Tidur

Bagaimanakah posisi tidur yang nyaman? Biasanya ibu yang mengalami hamil tua dianjurkan untuk tidur dengan posisi menekuk lutut dan tidur miring. Paskanlah posisi tidur ibu hamil sampai dirasakan nyaman. Lantas, bagaimanakah bila mengalami gerah? Pada keadaan demikian, ibu yang mengalami susah tidur pada saat hamil tua disarankan untuk tidur dengan posisi punggung bersandar di tumpukan bantal dan berada di posisi setengah duduk. Itulah Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Hamil Tua yang pertama.

Memanfaatkan Bantuan Bantal Tambahan

Bantal memiliki kegunaan untuk menambah kenyamanan ketika tidur bagi orang yang susah tidur pada saat hamil tua. Apakah kelebihan bantal? Selain dimanfaatkan untuk menyangga posisi tubuh ketika bersandar, juga bisa dimanfaatkan menahan perut dan diselipkan dikedua kaki ketika tidur dalam keadaan miring. Bahkan, apakah Anda sudah tau kalau saat ini telah banyak tersedia bantal spesial untuk ibu hamil? Ternyata banyak inovasi untuk meringankan susah tidur yang dialami oleh ibu hamil.

Melaksanakan Teknik Relaksasi

Sudah pernahkah Anda melaksanakan teknik relaksasi? Hal tersebut ternyata cukup membantu lho, melaksanakan teknik relaksasi ini ialah salah satu cara jitu mengatasi susah tidur. Dengan teknik relaksasi yang dilaksanakan di rumah, sanggup membuat otot dan fikiran ibu hamil menjadi lebih relax. Silahkan laksanakan teknik pemijatan, peregangan, yoga ataupun pernafasan, bisa juga dilaksanakan ketika mandi air hangat sebelum tidur. Secara ilmiah.. Technique peregangan sebetulnya akan membantu ibu hamil dari ketegangan dan kram. Oleh karena itu, tak ada salah nya bukan untuk mempelajari technique relaksasi yang benar? Terdapat banyak tutorial yoga, peregangan dan relaksasi untuk ibu hamil di Youtube, atau bila ingin lebih jelas dan komprehensif, Anda bisa datangi pusat pelatihan yoga di kota-kota Anda.

Pertahankan Rutinitas Waktu Tidur

Kalau sedang mengalami hamil tua, janganlah mengubah-ubah jam tidur yang telah biasa dijalankan sejak hamil muda. Kenapa demikian? Hal tersebut akan mengganggu ibu ketika hendak tidur malam. Pertahankanlah rutinitas waktu tidur. Apabila ibu hamil benar-benar ingin atau membutuhkan lebih banyak tidur, tak ada salahnya bila dilaksanakan pada siang hari.

Cukupilah Asupan Nutrisi Ibu Hamil

Berbagai makanan bagi ibu hamil dapat kita peroleh dari bermacam-macam zat gizi. Tahukah Anda akan beberapa hal ini? Silahkan dibaca:

  1. Makanan yang mengandung tinggi protein akan membantu ibu mencegah mimpi buruk (nightmare).
  2. Untuk makanan tinggi carbohydrate, akan membantu ibu hamil tidur lebih nyaman.
  3. Segelas susu hangat sebelum tidur akan lebih menyegarkan tubuh ibu hamil ketika bangun.

Akan tetapi, sebaiknya hindari minum terlampau banyak sebelum tidur malam, mengapa demikian? Hal itu supaya ibu yang sedang hamil tua tak mengalami sering buang air seni ketika malam hari, yang akan mengganggu tidur nya.

Sering Aktif Bergerak

Dengan aktif bergerak, kram di kaki akan terkurangi, menambah energi, stress menjadi berkurang, mencegah obesitas, dsb. Walau demikian dianjurkan, tetaplah untuk menyesuaikan kemampuan diri ketika melaksanakan nya. Apabila diperlukan, berkonsultasilah dengan dokter sebelum melaksanakan aktifitas olahraga apapun.

Minimalisir Pemakaian Obat-obatan

Ibu hamil sebaiknya menghindari pemakaian obat-obatan yang akan mengganggu pertumbuhan janin. Senantiasa berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat kimia jenis apapun adalah jalan yang terbaik.

Kesimpulan

Penting bagi ibu yang sedang mengalami hamil tua untuk mendapatkan tidur yang mencukupi dengan perkembangan si janin, menjaga stamina ibu hamil, dan menyehatkan tubuh nya. Tak cuma tidur di malam hari saja, tidur siangpun bisa membantu ibu hamil mencukupi kebutuhan tersebut. Kalau susah tidur pada saat hamil tua berlanjut, silahkan berkonsultasi kepada bidan ataupun dokter.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Hamil Tua

Diposkan oleh admin website Nama Obat Berbagai Macam Penyakit

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *