0

Inilah! 5 Fakta Seputar Penyakit Kanker Darah Leukimia

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh semua orang karena kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya dan mematikan sehingga menjadi ancaman terbesar didunia. Banyaknya jenis – jenis kanker yang paling mematikan di Indonesia, salah satunya yaitu kanker darah atau leukimia.

Kanker darah atau leukimia ini merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi pada siapa saja tanpa melihat umur atau apapun. Oleh karena itu, penyakit kanker darah leukimia ini dianggap menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan. Hasil Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mencatat adanya peningkatan jumlah kasus baru dan kematian yang diakibatkan oleh leukimia secara menahun antara 2010-2013.


Kanker leukimia adalah kanker yang dapat menyerang sel – sel darah putih yang dimana sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Jika anda menderita leukimia maka sumsum tulang mulai membuat banyak sel darah putih abnormal yang disebut dengan leukimia. Sel yang dihasilkannya tidak dapat bekerja secara normal, namun akan tumbuh lebih cepat dari sel normal dan akan terus menerus tumbuh.

Jika kondisi tersebut terus terjadi, maka dapat mengakibatkan peningkatan jumlah sel darah putih yang dapat menghancurkan serta menggantikan sel yang menghasilkan sel darah normal. Selain itu, adapun beberapa gejala yang mungkin akan muncul pada penderita leukimia seperti : Mengalami demam, menurunnya berat badan, mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, sering memar dan mimisan, mengalami infeksi dan munculnya bintik bintik merah pada kulit dan banyak lainnya.


Fakta – Fakta Tentang Penyakit kanker Darah atau Leukimia


  • Kanker darah tidak hanya leukimia saja

Mungkin selama, masyarakat hanya tahu bahwa kanker arah adalag leukimia. Namun, faktanya leukimia hanyalah salah satu dari tiga jenis kanker darah yaitu limfoma yang menyerang sistem lifa dan juga Myeloma yang menyerang sel plasma dan tubuh. Sedangkan kanker leukimia merupakan jenis kanker darah yang menyerang dalam darah dan sumsum tulang belakang.

  • Kanker leukimia terjadi di sumsum tulang

Leukimia merupakan jenis kanker darah yang mulai terjadi di sumsum tulang tempat dimana sel-sel darah yang belum matang menjadi berkembang. Setiap sel yang dihasilkan memiliki fungsi yang berbeda, namun pada penderita penyakit leukimia sel darah tidak melalui fase tersebut dan biasanya berkembang secara abnormal.

  • Kanker leukimia sering terjadi pada pria

Bagi para pria anda harus berhati – hati, faktanya pria memiliki risiko 31 persen lebih tinggi terkena penyakit kanker darah leukimia ini. Selain itua, pria yang menderita leukimia memiliki risiko lebih besar untuk meninggal akibat penyakit leukimia.

  • Penderita leukimia belum diketahui secara pasti penyebabnya

Meskipun hingga kini belum dikaethui secara pasti apa saja penyebabnya, namun ada beberapa studi yang menemukan bahwa faktor yang dapat meningkatkan risiko leukimia diantaranya :

  • Akibat radiasi. Sebuah studi menyatakan bahwa seseoang terpapar radiasi tingkat tinggi ternyata dapat berisiko terkena leukimia.
  • Akibat paparan bahan kimia yang terjadi ditempat kerja
  • Merokok. Sebuah studi menyatakan bahwa merokok sudah terbukti menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit leukimia. Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan efek yang buruk pada kelangsungan hidup pasien leukimia.

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *