0

Luas Biasa! Inilah 4 Manfaat Makan Sambal Bagi Kesehatan

Bagi anda para pencinta makanan pedas, mungkin akan sangat terasa kurang jika anda sedang memakan seperti bakso, soto, atau sedang menyantap lauk pauk tanpa kehadiran sambal. Memang sambal merupakan pelengkap yang wajib ada di dalam setiap kali makanan, namun ada juga sebagian orang yang tidak menyukai sambal karena rasanya yang pedas dan kadang akan menimbulkan rasa sakit pada perut. Namun, tahukah anda bahwa di balik rasa pedasnya sambal juga memiliki banyak sekali manfaat yang menakjubkan yang wajib anda ketahui. Lantas apa saja manfaat yang bisa dirasakan pada pencinta sambal, berikut diantaranya :


  • Sambal kaya akan vitamin A dan C

Ada banyaknya jenis sambal dan cabai didunia seperti capai berah, capai hijau, cabe kuning dan banyak jenis lainnya ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sama loh. Didalam capai mengandung kalori, gula, karbohidrat dan rendah lemak. Perpaduan cabai dan tomat yang menjadi bahan bahan pembuatan sambal ini mengandung vitamin A dan C. Didalam kandungan vitamin A ini mempunyai sifat antiradang dan anti penuaan yang dapat melindungi DNA tetap sehat. Selain itu vitamin A juga dipercaya mampu membantu meningkatkan tekanan darah bagi anda penderita anemia atau tekanan darah rendah.

Didalam kandungan vitamin C pada sambal ternyata dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan juga mampu mempercepat penyembuhan luka serta mampu memaksimalkan penyerapan zat besi. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh sehingga kandungan ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh seperti kulit, tulang dan gigi.


  • Sambal mampu mencegah kanker

Didalam sambal mengandung capsaicin yang mampu memberikan dampak yang positif dalam mennagkal sel kanker. Meskipun prosesnya belum diketahui dengan jelas, akan tetapi beberapa para ahli menyakinkan bahwa capsaicin ternyata dapat meningkatkan apoptosis yaitu matinya sel – sel yang tidak diperlukan tubuh termasuk sel – sel kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada didalam sambal dipercaya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.


  • Sambal bisa menurunkan berat badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sensasi panas dari capsaicin mampu mendorong stimulasi lemak dan bisa mendorong kinerja metabolisme tubuh hingga melonjak dalam lima persen. Peningkatan pada kerja metabolisme tubuh ini akan menghasilkan pembakaran lemak yang lebih optimal yaitu mencapai 16 persen. Semakin cepat proses oksidasi lemak ini maka tubuh akan membakar lebih dari banyak lemak, sehingga tidak heran lagi jika orang yang suka memahan pedas – pedas seperti sambel akan lebih cepat turunnya. Selain itu, memakan makanan pedas juga dapat menahan nafsu makan yang berlebih.


  • Sambal bisa menghilangkan rasa sakit

Capsaicin yang ada didalam sambal merupakan senyawa kimia yang mampu membantu anda untuk meredakan nyeri pada memberikan sensasi panas dan juga pedas. Namun, asal anda ketahui bahwa sambal ternyata mampu meredakan nyeri dalam tubuh salah satunya dengamn kandungan capsaicin. Kandungan capsaicin memiliki sifat analgesik yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh.


Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda memakan sambal, namun selain sambal bisa memberikan manfaat yang baik ternyata mengonsumsi sambal secara berlebihan juga akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi sambal maka dapat menyebabkan penurunan kemampuan pada lidah saat mencicipi rasa lainnya.

Selain itu, jika anda salah satu penderita maag alangkah baiknya untuk perhatikan porsi dan pahami kemampuan tubuh anda sendiri karena jika anda makan sambal maka yang terjadi akan meningkatkan asam lambung yang dimana perut anda akan terasa perih dan panas. Tidak hanya untuk penderita maag saja, bagi anda pencinta pedas jika anda sudah merasa sakit dan panas pada perut anda maka ada baiknya kurangi porsi sambalnya untuk sementara waktu hingga kondisi kesehatan anda membaik.

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *