0

Makanan Untuk Penderita Sakit Tipes

Tipes adalah suatu penyakit menular karena infeksi bakteri yang disebabkan oleh Salmon Typhi,dimana bakteri ini menyerang saluran pencernaan bagian usus halus, Penyakit ini biasanya diawali dengan gejala ringan seperti menurunnya nafsu makan, lesu, tidak enak badan, nyeri otot, batuk, perut kaku, lalu disambung dengan dengan mual-mual, diare, mengalami demam tinggi selama 3-4 minggu. Penyakit ini biasanya akibat kurangnya menjaga kebersihan lingkungan, makanan atau minuman.

Penyakit ini sering kali menyerang anak-anak, dikarenakan anak memiliki kekebalan tubuh yang rendah sehingga rentan terkena penyakit tipes.

Makanan yang bagus untuk mempercepat penyembuhan sakit tipes

Penderita tipes hendaknya mengkonsumsi makanan yang kadar serat yang rendah, sehingga membutuhkan jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna, dikarenakan supaya usus bisa mencerna makanan dengan mudah. walaupun lunak, tetapi harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita tipus. Hendaknya yang memiliki kandungan kalori yang cukup untuk memberikan energi.
Ada banyak jenis makanan untuk penderita tipes, berikut adalah makanan yang baik di konsumsi penderita penyakit tipes :

  • Bubur dengan kaldu ayam memiliki karbohidrat dan protein yang tinggi, bubur juga makanan yang mudah di cerna bagi penderita penyakit tipes.
  • Kentang rebus memiliki banyak protein, mineral utama, kalium fosfor dan vitamin c, kentang yang berukuran berat 300gram yang direbus bersama kulitnya mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak dan vitamin C Bermanfaat sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Roti dapat menggantikan nasi sebagai makanan pokok, roti memiliki kandungan protein lebih tinggi yaitu 9,7% sedangkan beras 7,8%. serta mengandung vitamin B1,B2 dan niasin serta mineral berupa zat besi, kalsium.
  • Pisang memiliki kandungan (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%) lemak dan minyak. (1%) serat selulosa, Vitamin A,B,B1,B2,B6,B12, dan vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Pisang juga mengandung kalsium, fosfor, besi, sodium, kalium, magnesium. Manfaat pisang bagi kesehatan yaitu obat tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, mengatasi kurang darah dan mengatasi gangguan pada pencernaan.
  • Alpukat memiliki kandungan gizi pada buah alpukat yaitu Kalori, Protein, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A,B,C. Manfaat alpukat bagi kesehatan yaitu menjaga kesehatan jantung, kesehatan mata, anti depresi dan kesehatan pada pencernaan.
  • Buah naga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi seerti antioksidan, kalsium, fosfor, magnesium, protein, Vitamin C,B1,B2 dan B12 yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah nafsu makan.
  • Anggur memiliki kandungan Vitamin C,K,B2(Riboflavin), B5(Asam Pantothenat), B6 (Piridoksin), B9(Asam Float), Kalsium, Protein, Magnesium, Fosfor, Kalium, Natrium. Buah anggur ini memiliki manfaat untuk mengatasi Insomnia, Mengatasi Hipertensi, Meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan gusi.
  • Air kelapa muda memiliki kandungan Vitamin seperti Vitamin A,B6,C,D,E,K,thiamin,riboflavin,niacin,folat,asam pantotenat. Nutrisi utama pada air kelapa adalah potasium sebanyak 600 mg. sehingga air kelapa muda kaya akan kandungan elektrolit yang bisa menolong anda dari dehidrasi.

Pilihlah sayuran berserat rendah seperti :

  • Sayur bayam karena memiliki vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, niasin, thiamin, fosfor, natrium, kalium dan magnesium .
  • Sayur wortel karena memiliki Vitamin B,C, antioksidan.

Ahli Herbal

Ahli herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *